Wisata Kawah Ijen Blue Fire Banyuwangi

Wisata kawah ijen banyuwangi, Blue fire ijen crater – Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam. Berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter. Serta luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya. ( Disadur dari wikipedia )

Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Cara Menuju Kawah Ijen

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi. Anda bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem. Setelah itu naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Sesampainya di Banyusari, anda lanjutkan perjalanan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang. Atau anda bisa menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota. Naik ojek anda bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal.

baca juga : paket wisata tour banyuwangi

Sebelum ke puncak anda akan melewati pintu gerbang utama yang dikenal dengan nama Paltuding. Yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).

Alternatif rute lain adalah melewati Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding. Banyak fasilitas yang saat ini sudah disediakan untuk pengunjung. Antara lain pondok wisata serta warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen. Dari Pos Paltuding anda harus berjalan kaki menanjak dengan jarak sekitar 3 km. Di 1,5 km pertama perjalanan menanjak terasa sangat berat memang. Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat bahkan sampai 60 derajat. Selain jalan menanjak, struktur tanahnya juga berpasir yang menjadi semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

Namun anda tidak perlu kuatir, Jalur pendakian ini masih sangat aman untuk pendaki pemula sekalipun. Tentunya jiwa memacu adrenalin dan jiwa petualang anda. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya sudah relatif agak landai, selain itu wisatawan / pengunjung disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

Fenomena Alam Blue Fire Kawah Ijen

Wisata kawah ijen banyuwangi – Bagaimana jika anda ditanya warna api? tentu merah jawaban anda. Tetapi tidak untuk api yang satu ini. Bagaimana jika Anda ingin melihat api yang warnanya berbeda. Tidak merah melainkan berwarna biru, selain itu keluar dari sebuah kawah gunung. Bisa anda bayangkan, anda berdiri dan menyaksikan fenomena itu dengan kepala Anda sendiri. Momen keajaiban alam yang tiada taranya diseluruh dunia. Teramat spesial untuk dilewatkan karena di dunia hanya ada dua fenomena yang terjadi seperti ini dan salah satunya ada di Indonesia.

Ya, bernama api biru atau lebih terkenal dengan nama blue fire. Fenomena alam yang unik dan hanya dapat anda saksisakn di Kawah Ijen – Banyuwangi saja. Terlampau indahnya fenomena ini bahkan mengalahkan popularitas matahari terbit di Banyuwangi “The Sunrise Of Java” yang disebut sebagai matahari pertama di Jawa. Tidak hanya anda yang berasal dari Indonesia yang datang untuk menyaksikan si Api Biru ini. Bahkan wisatawan mancanegara sangat tertarik dengan keindahan alam ini.

baca juga : wisata pantai teluk hijau green bay banyuwangi

Untuk bisa menyaksikan fenomena ini anda bermalam di sekitaran Kawah Ijen, karena Anda bisa menikmati momen melihat api biru dengan bantuan dari pemandu wisata terlatih. Siapkan jiwa petualang dan adventure anda sekarang juga. Berwisatalah menikmanti keindahan terbaik di dunia bersama kami.

Kawah Hijau, Danau kawah ijen Banyuwangi

Waktu terbaik untuk berkunjung atau mendaki sekitar pukul 02.00 – 04.00 WIB. Setelah anda menyaksikan keindahan “Blue Fire”, suguhan dari alam untuk anda masih terus berlanjut. Pagi harinya, di atas ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Anda akan menyaksikan hamparan danau kawah ijen dengan warna hijau tosca nya. Ya ini adalah danau asam yang digadang derajat keasamannya hampir sama atau bahkan lebih dari sebuah aki motor. Kompilasi dari sebuah danah hijau, dipadu dengan matahari terbit menjadikan persembahan alam yang terbaik untuk anda. Anda tidak akan melupakan keindahan alam Banyuwangi ini.

Sunrise di kawah ijen

Sebagai kabupaten paling ujung timur jawa, tidak salah jika banyuwangi disebut “The Sunrise Of Java”. Karena pulau jawa, di Banyuwangi tepatnya mendapat sentuhan sang mentari lebih dulu. Terlebih anda menyaksikan di atas sebuah gunung, dipadu kawah danau berwarna hijau serta hamparan lembah hijau dan deretan gunung yang mengitari Banyuwangi. Pesona alam ini hanya bisa anda nikmati di Kawah Ijen Banyuwangi. Dari Kawah Ijen layangkan pandangan ke sekitarnya, akan terlihat rangkaian gunung lain di wilayah Pegunungan Ijen, seperti Gunung Merapi di timur, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan sebagainya.

Tidak cukup itu saja, Di sekitar lereng kawah terhampar pohon Manisrejo (cantiqi) yang berdaun kemerahan, sedangkan batuan dinding kawah berwarna belerang, kekuningan, kondisi-kondisi inilah yang membuat panorama alam disini begitu mengesankan untuk dinikmati.

Penambang belerang tradisional

Tak hanya itu lika-liku hidup para penambang belerang di Gunung Ijen itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terutama turis mancanegara. Karena ditengah perjalanan anda menuju puncak kawah, anda pasti berpapasan dengan para penambang belerang. Dengan memikul berat dari bahan tambang belerang mereka tetap semangat melakukan pekerjaannya. Dengan jarak pintu gerbang Paltuding sampai ke lokasi penambangan di dekat lokasi penambangan 3 km.

baca juga : wisata pantai rejegwesi banyuwangi

Wisata kawah ijen banyuwangi, Blue fire ijen crater – Mereka mampu melakukannya hingga dua hingga tiga kali perjalanan. Dengan memikul belerang seberat 70 – 80 kilogram setiap harinya. Bayangkan saja betapa kuatnya para pemikul belerang itu. Namun para penambang ini tetap mensyukuri pekerjaan yang mereka geluti. Hal inilah yang sering menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tidak jarang wisatawan mengajak mereka mengobrol di sela – sela istirahat mereka.

Untuk menambah penghasilan mereka juga membuat sebuah kesenian dari bahan tambang belerang. Anda bisa menjumpai karya mereka dengan bahan belerang berupa patung dalam bentuk tokoh kartun atau ukiran lainnya. Tentu dengan estetika keindahan seni khas Banyuwangi. Jangan lupa beli ya dari mereka. 🙂

Beberapa obyek wisata di sekitar kawah ijen : Akan terus diupdate, ditunggu ya 🙂

Informasi Paket Wisata Tour Travel Banyuwangi :

Bapak Maeko Guntur
Address : Jl ikan arwana no15 B karangrejo Banyuwangi Kode pos 68411
Contact Person : 082 330 502 624 (Whatsapp Ready)
Website : http//traveltourbanyuwangi.com