WISATA ALAM BANYUWANGI (BLUE FIRE IJEN MOUNT)

PESONA SI CANTIK API BIRU (IJEN)

Bagi kamu yang suka mendaki, apakah kamu sudah menjelajahi Gunung Ijen bagi yang sudah mungkin punya pengalaman yang menarik tentang Gunung Ijen, bagi yang belum pernah kesana garagara kasih reviewnya pesona cantik Gunung Ijen dari Banyuwangi.

WOSATA BANYUWANGI
PESONA SI CANTIK API BIRU

Gunung Ijen adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak empat kali yakni pada 1796, 1817, 1913, dan 1936. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl.

Gunung Ijen paling terkenal dengan kawahnya. Kawah Ijen adalah danau kawah terbesar di dunia. Kawah tersebut memiliki kedalaman 200 meter dan 5466 Hektar serta memiliki ketinggian 2.368 mdpl dan pengelolaan kawah Ijen tersebut masuk dalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Bondowoso.

Sebenarnya di tengah Kawah Ijen masih terdapat objek wisata yang menakjubkan yang berupa dinding danau Kawah Ijen berbentuk lapangan solfatara kemudian di bagian barat terdapat sebuah danau yang merupakan hulu dari Kali Banyuwangi tetapi tidak semua orang berkesempatan untuk menikmatinya karena jalan menuju lapangan solfatara sangatlah sulit untuk ditempuh karena berbahaya

Selain itu feneomena lainnya yang gak kalah menarik dari Gunung Ijen adalah BLUE FIRE atau api biru, yang muncul di tengah area penambangan sulphur, dan hanya bisa dilihat saat malam hari hingga menjelang dini hari.

Pendakian gunung Ijen relatif cepat, tidak memakan waktu banyak. Diperlukan 2-3jam untuk sampai di puncak Kawah Ijen. Jarak yang ditempuh dari pos pendakian Paltuding sampai ke kawah adalah 3 km dengan kondisi jalan menanjak hingga 25-30 derajat kemiringannya dengan jalan berupa tanah berpasir dan batu halus.